Memuliakan keluarga suami, adalah bagian dari cara menghormati suami itu sendiri. Sebagai seorang wanita sholeha tentunya ia harus menyadari, bahwa tidak selayaknya dia menjerumuskan sang suami kejurang fitnah yang menghancurkan.

Kewajiban sebagai wanita muslimah untuk selalu berbuat baik dan bijak, lapang dada dan toleran, tabah dan sabar.

Tidak malah bersikap kasar, suka membalas setiap kesalahan dengan perilaku maupun kata-kata yang lebih sadis. Tapi justru selalu berupaya mencari pemecahan masalah dengan tenang dan bijak.

Rasulullah saw banyak memberikan tuntunan tentang ke harusan memuliakan keluarga dari pihak suami, baik dengan jalan menyambung tali persaudaraan maupun berbakti kepada kedua orang tua. Rasulullah saw bersabda :

”Barangsiapa ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan usianya,hendaklah bersilaturrahmi.”
(HR. Bukhari dan Muslim dari Anas)

Perihal berbakti kepada kedua orang tua, baik orang tua kandung maupun mertua, sebagaimana firman Allah swt :
”Dan Kami perintahkan kepada manusia berbuat baik kepada kedua ibu-bapaknya;ibunya telah mengandung nya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah,dan menyapihnya dalam dua tahun.Bersyu kurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapak mu,hanya kepada-Kulah kembalimu.”
(Q.S. Luqman :14)

Sebagai seorang suami akan merasa sangat bahagia. Bila melihat sang istri bisa memuliakan Ibu – Bapak, sanak saudara dan tamu-tamunya.   Akan lebih istimewa lagi bila istri merasakan bahwa keluarga dari pihak suami adalah keluarganya sendiri, hingga kemudian diperlakukan dengan sikap mulia sebagaimana dia menyikapi keluarga dari pihaknya sendiri. Dengan sikap-sikap demikian, pada hakikatnya seorang wanita telah memberikan dukungan pada sang suami untuk berbakti pada orang tua. Dialah yang menjadi penyebab melimpahnya curahan pahala dari sisi Allah swt, hingga rumah tangganya diwarnai dengan jiwa kerja sama dan persaudaraan.

Cinta kasih dan kebahagiaan, serta curahan rahmat menyertai kehidupan me reka, sebagai mana yang telah dijanjikan Allah swt. Kelak ia akan mendapat kunci masuk kesurga-Nya